Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

RSS

Pages

Kesimpulan Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Menurut saya ilmu pengetahuan teknologi ada segi negatif dan segi positifnya. Tetapi perkembangan IPTEK ini lebih terarah pada segi negatif.Banyak fakta-fakta yang telah membuktikan adanya segi negatif dalam perkembangan IPTEK.


IPTEK,IlmuPengetahuan Teknologi
Segi negatifnya :
1.Pemeriksaan LJK UAN dengan komputer, yang ini merupakan contoh terdekat kita. Karena hal ini banyak murid yang tidak lulus UAN
2.Semakin lama semakin mudah memperoleh informasi. Tetapi hal ini berakibat seseorang akan mudah memperoleh informasi yang tidak sesuai untuk mereka.
3.Pengaruh kemajuan IPTEK juga dapat merusak kesehatan. Contohnya: semakin hari produksi alat-alat teknologi semakin kecil misalkan PDA,para pengguna PDA akan merasa lelah pada mata dan dapat menyebabkan gangguan lainnya. Peralatan teknologi lainnya seperti TV juga dapat merusak kesehatan.
4.Dengan kemajuan IPTEK, kita akan mudah tertipu. MUngkin saat surfing atau memasuki situs tertentu atau pembelian barang perlu pengiriman uang,saat itu mungkin saja kita akan tertipu.
5.Kita dapat terpengaruh oleh segala macam iklan yang konsumtif.Dan merosotnya moral di kalangan warga masyarakat
6.Bagi yang memiliki kredit card dan suka berbelanja tanpa strukturitas. Maka mereka akan Broke
7.IPTEK juga memacu ketidakjujuran suatu kalangan tertentu. Mereka akan bolos les bahkan bolos sekolah hanya untuk main game atau hal lain.
8.IPTEK memacu naiknya kegengsian anggota masyarakat karena mengikuti gaya global.
9.Bahayanya gaya-gaya para aktor-aktris sinetron seperti anak yang bandel, cewek yang kurang seronok dan lain-lain yang dapat mempengaruhi melalui TV.
10.Perkembangan robot-robot dapat menyebabkan penyakit "malas" seperti kakunya otot akibat jarang bergerak, pikun karena otak jarang berfungsi.Kita hanya duduk makan dan tidur. Semua pekerjaan hanya dikerjakan robot,baik secara otomatis atau melalui remote atau melalui gelombang otak.
11.Perkembangan di bidang makanan seperti mie instant,bubur instant dan lainnya mengandung sejenis wax dan juga dapat mengandung dioksin yang sangat berbahaya bagi kesehatan jika sering dikonsumsi.
12.Perkembangan IPTEK juga mengakibatkan anak-anak keluarga kurang mampu merasa sangat sedih karena tidak mampu mendapatkan barang yang diinginkan seperti PS, GameBoy atau komputer.
13.IPTEK menyebabkan dapat diproduksinya sepatu yang dapat menyimpan sabu-sabu atau NAPZA/narkotika lainnya tanpa dapat dideteksi oleh alat-alat pengecekan. Hal ini menyebabkan pengedaran bebas NAPZA atau narkotika.
14.Penciptaan alat-alat baru dapat menyebabkan dampak negatif yang sangat berbahaya.Contoh yang paling sederhana "SEMEN". Semen menyebabkan terganggunya siklus air saat penyerapan ke tanah. Maka air tanah akan terkuras habis dan menyebabkan tanah ambles seperti yang terjadi di beberapa kota besar seperti yang terjadi di California.
15.Alat-alat listrik yang dipakai secara terus menerus dapat merusak lingkungan juga dapat mengurangi energi BBM yang tersedia
16.Dalam perkembangan reproduksi seperti BAYI TABUNG atau KLONING menyebakan ketidakpastian orang tua sebenarnya bayi itu dan merupakan perbuatan yang kurang terpuji serta bertentangan dengan norma agama
17.Perkembangan IPTEK juga dapat menyebakan hal-hal yang dapat menyebakan kematian atau kehancuran karena berbagai hal.
18.Dapat diciptakannya benda-benda berbahaya seperti toxin atau bom yang sangat membantu teroris dalam merusak atau mengancam kesejahteraan suatu negara.
19.Terjadinya pengganguran bagi yang tidak memiliki kualitas atau keterampilan kerja.



Dampak positif IPTEK :
1.Perkembangan IPTEK dapat membuat beberapa kemudahan seperti pemeriksaan LJK tanpa memerlukan sumber daya manusia yang banyak. Bayangkan kalau 1 sekolah ada 100 siswa, seluruh Indonesia ada berapa banyak siswa.
2.Jika digunakan untuk hal-hal yang positif, perkembangan Iptek sangat membantu dalam pencarian informasi yang dapat membantu dalam pekerjaan sekolah maupun untuk keperluan lain. Karena kemudahan ini kita tidak akan gaptek atau gagap teknologi.Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi terbaru di bumi bagian .
3.Dengan IPTEK dapat membuat obat-obat pemeliharaan kesehatan yang dapat membantu menambahkan zat-zat yang kurang di tubuh kita seperti zat besi ataupun vitamin
4.Kita dapat melakukan kegiatan perbankan (Intenet Banking) dan perdagangan elektronik yang membawa banyak keuntungan dengan menggunakan internet dan kita dapat melakukannya di manapun.
5.Perkembangan IPTEK dapat menciptakan banyak alat-alat yang sangat efisien dan berguna untuk keperluan banyak orang seperti mesin fotokopi, penangkal petir, dan lainnya.
6.Kita dapat dengan mudah berkomunikasi seperti dengan e-mail atau chatting. Penciptaan HP dan telepon juga membuka gerbang awal dalam komunikasi. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh.
7.Kita akan mendapatkan penyuluhan atau informasi yang berhubungan dengan dampak negatif suatu hal,maka kita akan berusaha untuk mencegahnya seperti mengkonsumsi NAPZA atau narkotika.
8.Dapat menciptakan kesejahteraan dan keamanan suatu negara dengan IPTEK. Contohnya alat scanner benda-benda berbahaya seperti bom yang terdapat di bandara atau pelabuhan yang dapat meningkatkan keamanan negara tersebut.
9.Dengan IPTEK dapat menyejahterakan kehidupan rakyat seperti kemudahan transportasi.
10.Perkembangan bidang reproduksi berdampak positif seperti makhluk yang terancam punah dapat diatasi, didapatkannya bibit unggul,akan adanya keturunan bagi pasangan yang ada gangguan pada reproduksi.
11.Meningkatnya rasa percaya diri Bangsa Asia dalam menciptakan teknologi dan ekonomi yang terus meningkatseperti negara Jepang, RRC dan Korea Selatan.
Sehingga Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
12.Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi dan produktivitas dunia industri semakin meningkat juga merupakan dampak positifnya perkembangan IPTEK
13.Perkembangan di bidang kedokteran dengan diproduksinya berbagai jenis alat sehingga memungkinkan kepulihan berbagai penyakit. Dan berbagai jenis transplantasi dapat dilakukan seperti transplantasi jantung.
14.Meningkatnya persaingan dalam dunia kerja sehingga termoyivasi untuk menambah keterampilan kerja.
15.Dalam bidang pendidikan,munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas yang mendukung. Proses pembelajaran juga tidak harus mempertemukan siswa dengan guru lagi, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

Semua segi-segi positif dan negatifnya hanya semata-mata menurut saya. Jika terdapat kesalahan mohon dikomentar.


Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan.Tetapi dalam kemudahan ini juga mendatangkan dampak negatifnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

syukur jaya mendrofa mengatakan...

thanks much broo

Unknown mengatakan...

Kesimpulan panjang bet

Unknown mengatakan...

Iya!aaaaaa!aaa!

Posting Komentar